Kamis, 02 Maret 2017

Smart menggunakan Smartphone

Prihatin dengan situasi
Mengkritisi yang terjadi 
Menebar energi dengan berbagi 
Tulisan bagi pribadi
(eve)

Smart menggunakan Smartphone

Keberadaan internet memungkinkan informasi dari seluruh penjuru dunia dapat diakses di manapun kita berada. Melalui smartphone di genggaman, kita bisa memperoleh informasi tanpa harus berada di lokasi informasi itu berasal. Disamping itu, smartphone memberi kemudahan bagi siapapun untuk merekam peristiwa yang dilihat, didengar dan dirasakan di lingkungan sekitar serta mendokumentasikannya dalam bentuk tulisan, foto, video maupun rekaman suara dan dengan mudah dapat disebarkan ke orang lain.
Dalam hal ini, seseorang sebaiknya dapat mengendalikan penggunaan smartphone dengan baik, bukan malah seseorang yang dikendalikan oleh smartphone. Terutama dalam menyebarkan rekaman maupun memposting sesuatu di media sosial. Saat menyebarkan hasil rekaman, sebaiknya seseorang memilih dan memilah terlebih dahulu apakah rekaman tersebut layak atau tidak untuk disebarkan ke orang lain. Smartphone juga membuat seseorang memiliki kecenderungan untuk tidak mau ketinggalan informasi terkini/terupdate dan menjadikan seseorang berlomba untuk menjadi agen informasi serta ingin menjadi yang pertama dalam menyebarkan informasi ke orang lain. Derasnya arus informasi ini harus disikapi secara cerdas dengan cara menyaring setiap informasi yang diterima dengan memastikan kebenaran informasi tersebut terlebih dahulu sebelum menyebarkannya ke orang lain agar informasi tersebut tidak menjadi berita bohong(hoax) dan merugikan pihak lain.

Media sosial memang ruang yang luas untuk bisa berbagi apapun, namun pikirkan dan refleksikan terlebih dahulu sebelum mengunggah atau memposting informasi di media sosial, apakah informasi yang di posting itu memiliki dampak positif bagi sekitar atau tidak. Seseorang, baik jika menebarkan informasi tidak hanya semata-mata demi kepentingan pribadi dan hanya untuk membangun citra diri serta eksistensi di mata orang lain, namun lebih memiliki nilai manfaat bagi sekeliling. Adanya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektornik(UU ITE) bisa menjadi kontrol bagi setiap pengguna media sosial untuk lebih berhati-hati dalam memposting dan menyebarkan informasi di media social. Mari menjadi pribadi yang smart dalam memanfaatkan smartphone untuk menciptakan kondisi sekitar menjadi lebih baik, menentramkan, mendamaikan, mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dengan menyebarkan informasi yang berguna dan benar, membangun dan bermanfaat bagi banyak orang. Disisi lain bagi para penikmat informasi, juga harus cerdas dalam menyaring setiap informasi yang diterima, dengan tidak mudah percaya dengan informasi yang kebenarannya belum bisa dipertanggungjawabkan. ***


Eva Laura 



Pikiran Pembaca KR Rabu (2/3)

0 komentar:

Posting Komentar