Kamis, 03 Agustus 2017

Resensi Buku Rinduku Sederas Hujan Sore Itu


Cover Buku

Judul         : Rinduku Sederas Hujan Sore Itu
Pengarang : J.S. Khairen
Penerbit    : Noura Book
Cetakan    : I, Mei 2017
Tebal        : 256 halaman
ISBN        : 978-602-385-330-4


Memaknai Misteri Ilahi

Perjumpaan, perpisahan, cinta, kesedihan, kegembiraan dan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini semuanya sudah ada yang mengatur. Sekecil apapun peristiwa yang kita alami, semua atas ijin dan kehendak Sang Ilahi yang Empunya hidup ini. Dia menjadikan segala sesuatu mungkin, yang bagi manusia itu mustahil. Baik peristiwa yang menggembirakan maupun peristiwa yang mengurai air mata bahkan peristiwa yang kadang diluar perkiraan manusia.  

J.S. Khairen dengan bukunya yang berisi kumpulan cerita pendek dan puisi menghantarkan pembaca untuk semakin memaknai dan menghargai kehidupan. Ide penulisan buku ini bermula saat penulis melakukan perjalanan di Samarinda, Batu, Bukittinggi, Lamandau dan Bali. Peristiwa yang kerap terjadi dalam hidup yang kadang sulit untuk dimengerti dituliskannya dengan bahasa yang sederhana. Sesekali pembaca diajak untuk kembali ke peristiwa di masa lalu. Pembaca dibuatnya larut dalam emosi saat membaca cerita dan kenangan-kenangan yang kebanyakan bermula dari kehadiran hujan. Membahagiakan, mengharukan, mengejutkan, bahkan di luar dugaan menjadi akhir dari setiap cerita dalam buku ini.

Satu cerita dengan cerita yang lainnya tidak ada hubungannya sehingga memungkinkan pembaca untuk membaca sesuai judul yang diinginkan. Beberapa baris puisi atau ungkapan berupa kalimat puitis mengantar pembaca untuk melanjutkan ke cerita berikutnya. Kisah cinta gaya anak muda yang ditulis dengan kalimat-kalimat yang puitis dan romantis membuat buku ini semakin asyik untuk dibaca. Cerita tentang seekor kucing yang mengajarkan arti cinta dan pengorbanan semakin memperkaya kisah dalam buku ini.

 Memaknai pentingnya sebuah hubungan antar anggota keluarga, keikhlasan memaafkan, arti kesetiaan, cinta yang meneguhkan, menerima perbedaan keyakinan dan menerima setiap kenyataan dalam hidup yang penuh misteri menjadi pesan dari cerita-cerita dalam buku ini. Tiap kisah yang menyiratkan makna kehidupan mampu mendewasakan dan membantu pembaca menentukan pilihan terbaik dalam hidup. Buku ini bisa menjadi bacaan bagi kaum muda dan siapapun pada saat santai untuk mengisi waktu luang.***
  
Oleh:
Eva Laura

0 komentar:

Posting Komentar