Rabu, 10 Mei 2017

Resensi Buku Karyawan (juga) Bisa Kaya


Cover Buku 

Judul     : Karyawan (juga) Bisa Kaya
Pengarang : Dwi Suwiknyo
Penerbit  : Elex Media Komputindo
Cetakan   : I, 2017
Tebal     : 115 halaman
ISBN      : 978-602-04-1225-2


Kendalikan Uangmu, Sejahtera Masa Depanmu

Di tengah persaingan mendapatkan pekerjaan, memiliki pekerjaan dengan gaji tetap merupakan hal yang patut disyukuri. Mengingat hal itu, hendaknya kita bekerja dengan bersungguh-sungguh dan jujur serta mengelola gaji yang diperoleh secara bijaksana. Namun kadang kala perilaku konsumsi dan gaya hidup seseorang menyebabkan gajinya habis begitu saja tanpa memperhitungkan kebutuhan di masa depan. Apapun pekerjaannya, masa depan yang sejahtera dapat terwujud jika kita mengelola keuangan dan mengendalikan uang secara baik.

Hal ini yang melatarbelakangi Dwi Suwiknyo untuk berbagi cara mengelola keuangan secara cerdas dari mulai membuat neraca keuangan sampai berinvestasi agar diusia pensiun dapat hidup lebih mandiri. Buku yang terdiri dari 12 bab ini pada bagian awal menjelaskan tiga langkah sistematis membuat rencana keuangan. Dengan formula keuangan yang sederhana pembaca diajak melakukan finansial check up dengan mendata jumlah utang, aset dan modal untuk menganalisis dan mendeteksi kondisi keuangannya. Pembuatan family income statement(laporan keuangan keluarga)diilustrasikan dengan contoh kasus yang disertai perhitungan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami dan mempraktekkannya. Kaidah SMART(Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Timely) yang dijelaskan pada bab 3, membantu seseorang menentukan tujuan keuangan keluarga. Pembaca diingatkan untuk menyadari kembali fungsi uang dengan membuat skala prioritas kebutuhan dan membedakan antara kebutuhan(need) dengan keinginan(want).

 Beberapa bagian buku ini disertai cuplikan ayat-ayat suci Al-quran dan istilah-istilah dalam agama Islam menggunakan bahasa Arab. Prinsip-prinsip keuangan Syariah berkaitan dengan menabung dan berinvestasi dijelaskan dengan contoh penghitungannya. Aturan berinvestasi emas serta tips memilih produk dan bentuk emas membantu pembaca untuk menentukan pilihan investasi emas secara tepat. Selain itu pembaca juga diperkenalkan dengan produk konvensional dan Syariah dari Perum Pegadaian.

Agar tetap siaga terhadap ancaman bahaya(risiko) terhadap jiwa, raga serta kekayaan, Robert Mehr memaparkan lima cara mengatasi risiko seperti menghindari risiko, mengurangi risiko, menahan risiko, membagi risiko dan mengalihkan risiko. Pembaca diingatkan bahwa melakukan utang hanya untuk tujuan yang produktif dan mengendalikan penggunaan kartu kredit. Pada bagian akhir buku ini dijelaskan pentingnya untuk berzakat sebagai bentuk ucapan syukur atas gaji yang telah diterima.

Merasa kesulitan mengelola keuangan keluarga dan ingin menambah wawasan tentang prinsip keuangan Syariah, buku ini bisa menjadi pilihan bacaan. Buku ini membimbing siapapun agar mampu melakukan perencanaan keuangan dengan baik demi mewujudkan masa depan yang sejahtera.***
  
Oleh:
Eva Laura

0 komentar:

Posting Komentar