Selasa, 06 Desember 2016

Pengalaman Pertama


Atas saran seorang sahabat untuk mencairkan honor menulis Resensi Buku Tenang Senang Menang yang telah dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat edisi hari Sabtu, 3 Desember 2016, katanya demikian "Diambil lho honornya, lumayan lho!" 
Aku hanya tersenyum mendengarnya dan kujawab "Sebenarnya bukan itu juga sih motivasiku menulis, belajar itu yang lebih utama", jawabku seolah bijak. hehehe..
Dapat honor itu bonus, karyaku dimuat dan namaku terpampang saja aku sudah sungguh bahagia. Dan kebahagiaan bertambah ketika mendapat honor hehe.. Sembah nuwun, Gusti. 

Hari kedua dalam minggu ini akhirnya saya memutuskan untuk menuju ke kantor Kedaulatan Rakyat yang ada di  Jalan Mangkubumi.
Ini adalah pengalaman pertamaku datang ke kantor KR. Berbekal informasi yang saya dapatkan dari sahabat saya itu dengan penuh percaya diri masuk ke sebuah ruangan yang terdiri beberapa loket.
"Nanti ke bagian bendahara(keuangan maksudnya) sambil membawa ktp atau fotokopi ktp, lalu ke loket 6 lalu loket 8 kemudian ke loket 2", begitu arahan sahabat saya saat saya bertanya tentang bagaimana prosedurnya.

Waktu itu saya pikir sudah benar karena deretan loket meyakinkan saya kalau itu benar, tapi ternyata saya memasuki loket buat daftar iklan. Tanpa malu dan ragu saya bertanya pada salah seorang ibu pegawai disitu dan beliau menjelaskan lokasi bagian keuangan. Langsung saja saya menuju ke tempat yang telah dijelaskannya.
Untuk meyakinkan lokasi bagian keuangan, saya bertanya lagi pada pak satpam. Lalu beliau menjelaskan dan saya semakin yakin bahwa tidak salah masuk area.
Sampai juga saya pada bagian keuangan. Loket enam...loket enam...dalam hati berkata sembari mengingat dan mencari loket 6, karena ternyata disana berjejer loket-loket yang bernomor.
Nah..ini ketemu, "Mau ambil honor resensi, bu", kataku pada ibu petugas loket. "Ada KTP atau fotokopi ktp?", pintanya. Sembari saya serahkan fotokopi ktp dan menyampaikan "Resensi tanggal 3 Desember, bu". 
Loket 6 di bagian keuangan KR 

Setelah beberapa saat dicari berkas penerimaan honor ternyata dokumen untuk tanggal terbit 3 Desember masih ada di bagian redaksi. Saya diminta ibu itu untuk mengambilnya di bagian Redaksi dibagian luar. Mungkin saya terlalu dini mengambil honor, baru 3 hari dari hari terbit. Aihh.. malu dikit tapi tetep berusaha pede. Justru malah bangga wong menghasilkan karya kenapa malu. 

Akhirnya sampailah saya di bagian redaksi dan meminta kepada petugas yang ada di situ berkas penerimaan honor resensi. Saya dapatkan berkas itu dan saya kembali menuju ke bagian keuangan loket 6.

Slip honor resensi dari KR

Kantor redaksi KR Jalan Mangkubumi
Setelah beberapa saat saya menunggu, ke loket 8 sebentar lalu ke loket 2 dan akhirnya saya merima uang honor tersebut. Lumayanlah.. Puji Tuhan. Berapapun besarnya selalu disyukuri. 
Lebih dari semua itu, pengalamanlah yang lebih berharga. 
Ya pengalaman menulis...
Ya pengalaman mengirim tulisan...
Ya pengalaman ditolak tulisannya...
Ya pengalaman bisa masuk kantor KR...
Ya pengalaman senangnya mendapatkan honor..


Sssstt..lain kali kalau dapat honor ambilnya jangan kemruputen ya... hehe
Ini secuil pengalamanku, apa pengalamanmu? ***


Selasa, 6 Desember 2016



0 komentar:

Posting Komentar