Jumat, 02 Maret 2018

Review Film Yo Wis Ben



Seorang Youtuber Bayu Skak bersama kedua rekannya, Bagus Bramanti dan Gea Rexy menulis sebuah cerita tentang kehidupan anak muda SMA yang sedang mencari jadi diri dan pengakuan dari lingkungan sekitar melalui sebuah karya. Film Yo Wis Ben menggambarkan kehidupan anak SMA yang sarat dengan dinamika kehidupan masa remaja seperti asmara, persahabatan, penemuan jati diri, konflik dengan orang tua dan pembuktian eksistensi diri. Bayu (Bayu Skak) sang pemeran utama dari keluarga yang kurang mampu merasa minder di lingkungan Sekolahnya. Sama dengan anak muda yang lain ia juga memiliki ketertarikan pada seorang gadis. Susan (Cut Meyriska) adalah gadis yang berhasil memikat hati Bayu. Menyadari kekurangannya, Bayu ingin menunjukkan eksistensi dirinya kepada teman-temannya dengan sebuah karya agar semakin dihargai terutama oleh Susan. Akhirnya dia membentuk sebuah Grup Band bernama "Yo Wis Ben" bersama dengan ketiga temannya Nando(Brandon Salim), Doni(Joshua Suherman), dan Yayan(Tutus Thomson). Usaha dan perjuangan Bayu dan teman-temannya untuk mewujudkan Band yang bisa diakui dan memiliki prestasi mendapat dukungan dari keluarga. Semua usahanya tidak begitu saja berjalan mulus. Konflik di antara personil grup Yo Wis Ben pun terjadi. Kegagalan Yo Wis Ben dalam sebuah kompetisi menjadi pemicu mereka untuk lebih giat berlatih lagi. 

Film bergenre komedi ini sangat menghibur dan menarik karena percakapannya mayoritas menggunakan bahasa daerah dengan logat Jawa Timuran. Walau demikian teks berbahasa Indonesia disertakan agar film ini bisa dinikmati oleh semua orang. Penggunaan bahasa daerah ini menyadarkan penonton bahwa negeri kita kaya akan suku, bahasa dan budaya. Para aktor dan aktrisnya memerankan perannya apa adanya yang menggambarkan situasi anak muda zaman sekarang. Film dengan alur cerita yang sederhana ini memberikan banyak pesan berharga bagi pengembangan karakter anak muda Indonesia.

Beberapa pesan positif dari film yang disutradarai oleh Bayu Skak dan Fajar Nugros ini antara lain :

  1. Jadilah pribadi yang diakui dan dihargai eksistensinya bukan karena ketampanan, kecantikan atau kekayaannya melainkan karena karya dan prestasinya.
  2. Terus berusaha dan giat berlatih untuk sesuatu yang dicita-citakan agar memperoleh hasil yang maksimal.
  3. Jadilah pribadi yang selalu rendah hati, apapun yang telah kita raih.
  4. Hormat dan berbakti pada orang tua, apapun kondisi orang tua kita.
  5. Gemar menabung, jika ingin membeli sesuatu.
  6. Jadilah anak muda yang kreatif, dinamis dan melek teknologi.
  7. Bangga dengan bahasa daerah sendiri. 

Berikut beberapa adegan film Yo Wis Ben :






0 komentar:

Posting Komentar