Jumat, 19 Agustus 2016

Lebih dari sekedar kuliah




Belajar dari pengalaman seorang teman yang baru saja menyelesaikan seminar tesisnya. 
Saya bertanya kepadanya :
Saya : "Apa tujuan bapak kuliah lagi?. Toh juga jabatan bapak juga belum jelas, ditambah lagi gelar tambahan bapak nantinya juga tidak diakui."

Pertanyaan ini muncul karena status jabatan teman saya ini belum jelas dan juga ia kuliah dengan biaya sendiri alias bukan tugas belajar. Iseng saja saya bertanya dan untungnya dia dengan senang hati menjawabnya.
Jawab bapak itu dengan tersenyum : "Heee.. saya kuliah tidak hanya semata-mata untuk kenaikan pangkat atau jabatan melainkan selain untuk menambah ilmu pengetahuan, namun juga memperluas komunitas, agar tidak hanya sekedar bekerja duduk di belakang meja dan bertugas di lapangan saja."

Hmm...
Alasan yang baru kali ini saya dengar.
Alasan ini memurnikan pemahaman saya bahwa motivasi studi lanjut tak hanya semata-mata hanya untuk tujuan tertentu misalnya : kenaikan pangkat. Namun studi lanjut untuk tujuan yang lebih dalam lagi.

0 komentar:

Posting Komentar