Senin, 09 Januari 2017

Resensi Buku Catatan Najwa



Judul     : Catatan Najwa    
Pengarang : Najwa Shihab
Penerbit  : Literati
Cetakan   : I, November 2016
Tebal     : 183 halaman
ISBN      : 978-602-874-058-6


Kritik untuk Negeri


Kesuksesan pembangunan suatu bangsa tak lepas dari peran para tokoh bangsa, pejabat, pemimpin bangsa dan elite politik yang duduk di kursi pemerintahan. Di antara mereka ada yang bekerja keras untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Namun ada pula yang berusaha memperkaya diri sendiri dengan menyalahgunakan jabatan yang dimiliki serta menjadi batu sandungan bagi proses pembangunan bangsa. Melihat kondisi seperti ini dibutuhkan pribadi yang berani dan mau berjuang demi kemajuan negeri. Kerjasama yang baik di setiap level pemerintahan dan masyarakat sangat dibutuhkan demi tercapainya pembangunan nasional sesuai yang dicita-citakan.

Buku ini berisi tentang sinopsis singkat acara talkshow dan refleksi penulis saat memandu program talkshow di salah satu stasiun TV swasta. Talkshow yang diadakan di studio maupun di panggung terbuka beberapa Univeritas di Indonesia ini mengupas tentang peristiwa-peristiwa politik yang sedang terjadi serta permasalahan bangsa yang layak untuk disoroti seperti perebutan jabatan dan kekuasaan, tindak korupsi, dan pelanggaran aturan-aturan. Setiap sinopsis acara disertai dengan tanggal penayangan episode acara sehingga membantu pembaca untuk mengingat kembali tayangan dan tema yang dibahas episode tersebut.

Buku ini juga memuat sekelumit gambaran karakter tokoh-tokoh politik dan pengalaman mereka dalam melakukan perubahan baik dan kontribusi mereka bagi kemajuan negeri. Pengalaman para tokoh negeri ini ditulis dengan kalimat yang penuh makna, mengena dan sangat menginspirasi serta mengajak pembaca untuk semakin peduli dan tidak berdiam diri. Buku ini juga mengkritisi berbagai peristiwa politik yang sedang hangat terjadi agar pembaca semakin mengerti dan mencintai bangsa ini. Penggunaan kalimat yang padat berisi dengan rima yang khas pada setiap catatan penulis sangat mengkritik dan menyindir kondisi politik serta birokrasi masa kini. Sindiran dan kritikan yang dibalut dalam sebuah tulisan ini mengajak pembaca untuk merenungkan kembali aksi nyata yang sudah dilakukan bagi bangsa ini.

Beberapa kalimat dalam buku ini sengaja diberi font berwarna merah dan lembar buku dibuat berseling dengan warna yang berbeda memberi kesan tegas dan berani. Bagi kaum muda sebagai generasi penerus bangsa, buku ini bisa dijadikan salah satu pilihan buku yang sangat menginspirasi dan meningkatkan rasa nasionalisme. Selain itu, buku ini juga menginspirasi setiap pembaca sebagai warga negara Indonesia agar tidak hanya berdiam diri saja melihat situasi yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. 

Dengan membaca buku ini para pembaca diajak untuk semakin peduli dan kritis dengan kondisi politik yang sedang terjadi di tanah air. Pembaca juga diajak untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap roda pemerintahan agar terwujud pemerintahan yang bersih dan berwibawa sehingga tujuan pembangunan bangsa dapat tercapai.***

Oleh:
Eva Laura

Berikut liputan singkat perjumpaan saya dengan Mbak Najwa Shihab di acara Book Signing buku "Catatan Najwa"  di Gramedia Sudirman Yogyakarta, Selasa 13 Desember 2016 lalu.

Mbak Nana sedang menyapa pengunjung Gramedia

Mbak Nana memberi sharing

Foto bersama Mbak Nana
Menikmati buku Catatn Najwa di Hutan Pinus Imogiri, Yogyakarta








0 komentar:

Posting Komentar