Rabu, 12 Juli 2017

Keuntungan menulis resensi


Bahagia itu...
saat mendapat balasan email dari penerbit
yang akan memberikan buku gratis karena menulis resensi buku


Seperti kebiasaan sebelumnya ketika resensi buku yang saya kirim ke media dimuat, saya langsung mengarsipnya dan men-scan-nya. Hasil scan resensi yang dimuat saya kirim email ke penerbit untuk menginformasikan bahwa buku terbitannya telah saya resensi dan dimuat. Beberapa hari kemudian atau secepatnya pasti akan dibalas oleh pihak penerbit. Seperti email yang saya terima pagi ini dari penerbit Noura. 



Sebelumnya saya juga sudah pernah mendapat kiriman buku gratis dari penerbit karena menulis resensi, sejauh ini saya mendapat kiriman buku dari Penerbit Grasindo, Noura, dan Bentang Pustaka(B-First) karena memang beberapa buku yang saya resensi diterbitkan oleh mereka. Pernah juga sih saya meresensi buku dan (hanya) mendapat ucapan terima kasih dari penerbit lain hehe..Tapi bagi saya tidak menjadi masalah, yang terpenting bisa selalu mengasah kemampuan menulis saya.

Bagi yang ingin menulis resensi berikut saya bagikan keuntungan yang bisa diperoleh dengan menulis resensi, diantaranya :
  1. Nama kita masuk media/koran, sehingga semakin banyak orang mengenal nama kita. Jadi terkenal kaaannn??? hehe....Walau belum pernah bertatap muka tak apalah. 
  2. Mendapat honor dari redaksi. Redaksi Kedaulatan Rakyat memberi apresiasi sebesar Rp. 75.000,- untuk setiap resensi buku yang dimuat, dipotong pajak jadi Rp. 72.750,- Lumayan kan bisa buat beli buku baru dan diresensi lagi dan menambah koleksi bukumu.
  3. Mendapat kiriman buku gratis dari penerbit yang bukunya diresensi. Asyiikk.., nambah lagi koleksi bukunya.
  4. Kemampuan menulis akan semakin terasah dengan sering menulis. 
Ini apresiasi yang diberikan Redaksi Kedaulatan Rakyat berupa wesel.....lumayan khan... ;")

wesel dari KR
Nah, banyak bukan keuntungan menulis resensi selain menambah wawasanmu karena membaca.
Bagaimana?? Apakah tertarik untuk menulis resensi?? ***







0 komentar:

Posting Komentar