Senin, 10 Juli 2017

Kedaulatan Rakyat, Sahabat Para Resensator

Saya sempat kehilangan....Yaaa..kehilangan !! Kehilangan ruang!! Ruang untuk menampung karya menulis resensi saya. Harian Kedaulatan Rakyat yang menjadi sahabat saya untuk mengukur sejauh mana kemampuan saya menulis resensi. Kedaulatan Rakyat yang menyeleksi resensi saya, lolos atau tidak berada diantara 3 resensi yang lain.
Setiap hari Sabtu, KR menyediakan ruang bagi pecinta literasi pada Rubrik Pustaka untuk mengirimkan resensi buku. Saya yang sudah merasa akrab dengan rubrik ini, sungguh merasa kehilangan saat saya tidak mendapatinya ada di hari Sabtu.

Rubrik Pustaka 

Bulan Juni lalu saya mengirimkan satu resensi buku, dengan harapan ini memenuhi target saya untuk resensi Juni yang dimuat setelah bulan Mei lalu tidak ada resensi yang dimuat (target tidak terpenuhi satu bulan satu resensi yang di muat).
Setiap hari Sabtu bulan Juni selalu kunanti, berharap resensiku dimuat. Namun semua berujung kecewa, karena ternyata rubrik Pustaka tak lagi kudapati.
Waduh!!! kok sudah gak ada ?? pindah hari apa yaaa?? Penasaran, setiap hari kucek setiap lembar koran KR, namun tak juga kudapati. Waaah!!! aku kelangan.. (saya kehilangan)..!! Kehilangan ruang belajar menulis..
Bulan berganti... Juli... 
Hilangnya ruang itu sempat menyurutkan niatku untuk membaca bahkan menulis lagi.. Duh..!! Bahayaa ini !! Bagaimana dengan tanggung jawabku pada Tuhan ?? Talenta yang Dia beri, saya sia-siakan.

Saya tidak mau ini terus berlanjut. Sabtu, 1 Juli 2017 seperti biasa.. kucari-cari di halaman belakang (hal. 24), tak jua kudapati rubrik itu. Lagi... Sabtu, 8 Juli 2017 kubeli Koran KR dari salah seorang penjaja koran di lampu merah saat kami berhenti dari mencari sarapan pagi itu. Namun...lagi..lagi.. zonk!! Aduh.. kok ga ada yaa?? waahh... apa sudah tidak aktif lagi ya rubrik pustaka itu?
Hingga akhirnya suatu hari aku teringat akan salah seorang fotografer KR, mas Surya Adi Lesmana yang saya kenal saat mengikuti kegiatan Workshop Jurnalistik di kantor. Saya berniat untuk menghubunginya dan bertanya, walau sebenarnya yang saya tanyakan tidak ada hubungannya dengan bidangnya dia(fotografi). Tapi setidaknya beliau orang KR, jadi bisa menanyakan ke temannya. Pagi ini, saya memberanikan diri untuk menghubunginya via whatapp dan bertanya. 
Puji Tuhan !! Ada angin segar.
Ternyata bulan Juni yang bertepatan dengan bulan Ramadhan, memang Rubrik Pustaka libur untuk sementara dan ada perubahan jadwal sekarang pindah di hari Selasa.  Owalaaaahh... kegelisahanku terjawab..syukurlah masih ada ruang belajar untukku.
Langsung saya cek KR hari Selasa, 4 Juli 2017 dan akhirnya kudapati Rubrik Pustaka di halaman 22. Namun belum kudapati resensiku disana. Tidak apa, terus membaca dan menulis. Besok hari Selasa, siapa tahu dimuat esok. Amin..

Senangnya... 
Semangat meresensi buku kembali muncul... 
Trimakasih mas Surya,
Trimakasih KR..

2 komentar:

  1. apakah di tahun 2019 ini rubik pustaka masih ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Kak Vinarj! Tahun 2021 juga masih ada kak. Setiap Selasa, Kak. Silakan dicek.

      Hapus