Selasa, 11 Juli 2017

Resensi Buku Originals "Tabrak Aturan" Jadilah Pemenang

Bahagia itu...
saat memperoleh ruang untuk belajar menulis...

Buku Original by Adam Grant

Resensi buku Originals dimuat Selasa 11 Juli 2017


Terimakasih akhirnya aku menemukanmu, menemukan Rubrik Pustaka (lagi). Ada sebuah kerinduan untuk melihat resensiku dimuat (lagi) di harian Kedaulatan Rakyat(KR). Koran lokal Jateng-DIY yang selalu memberi ruang bagi pecinta buku dan peresensi.
Puji Tuhan ...resensi saya lolos seleksi redaksi KR (lagi) dan boleh dibaca oleh pembaca setia KR hari ini Selasa, 11 Juli 2017. 

Semoga ini selalu menjadi semangat buatku untuk terus berkarya.
Terima kasih, Bapa.
Terima kasih, KR.


Judul         : Originals “Tabrak Aturan” Jadilah Pemenang
Pengarang : Adam Grant
Penerbit  : Noura Book
Cetakan   : I, April 2017
Tebal     : 330 halaman
ISBN      : 978-602-385-277-2




Berani Beda dan Berpikir Kreatif

Sebagian besar orang menerima begitu saja apa yang ada dalam hidupnya, walaupun kadang hal itu tidak dikehendaki dan tidak disukai. Orang cenderung berada di jalur konvensional dan enggan berpikir kreatif dengan ide-ide baru yang bermanfaat dan lebih baik. Orisinalitas adalah memilih jalur yang jarang dilalui dan memperjuangkan ide-ide baru yang melawan arus namun membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

Buku ini mengajak pembaca untuk berani berinisiatif dan kreatif memikirkan cara-cara dan pilihan yang lebih baik untuk menghadapi situasi yang tidak disukai dan melihat masalah dengan cara pandang yang baru. Adam Grant membagikan kisah-kisah yang disertai penelitian-penelitian dari para tokoh yang kreatif, kaya ide, memotivasi dan memberi contoh tentang orisinalitas seperti Bill Gates, Steve Jobs, perusahaan Warby Parker, dll. Catatan-catatan penting tentang orisinalitas disampaikan penulis di sela-sela kisah yang disampaikan.


Dalam mewujudkan tindakan orisinal, kadang-kadang seseorang dihadapkan pada rasa takut dan penolakan. Bab satu buku ini membahas cara mengelola resiko yang muncul saat membangkitkan, mengenali dan menyampaikan gagasan orisinal. Sedangkan bab dua berhubungan dengan pilihan dalam menimbang orisinalitas dan ilmu mengenali ide orisinal. Peran anggota keluarga dan implikasi pengasuhan juga mempengaruhi orisinalitas seseorang. Dalam buku ini Adam juga membahas cara menumbuhkan orisinalitas pada anak-anak. Dalam bertindak orisinal juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk melakukannya, bahkan kadang penundaan waktu untuk memulai dan menyelesaikan tugas bisa lebih menghasilkan manfaat. Bab terakhir buku ini membahas cara-cara mengumpulkan keberanian dan menguasai teknik menjaga ketenangan untuk bertindak orisinal. Buku ini diakhiri dengan rangkuman penjelasan tentang tindakan-tindakan praktis yang dapat dilakukan untuk memunculkan orisinalitas.

Bagi seseorang buku ini sangat cocok untuk membangkitkan dan mengenali ide baru dan kreatif, bagi para pemimpin buku ini mampu menstimulasi ide baru dan membangun budaya yang mengizinkan perbedaan pendapat dan bagi orang tua serta guru buku ini baik agar anak-anak merasa nyaman saat menyatakan pendirian kreatif mereka.***



Oleh:
Eva Laura



0 komentar:

Posting Komentar